Karo InfoKesehatan

Pemkab Karo Rapid Tes Pimpinan OPD dan Anggota DPRD Karo

Views
Bupati Karo Terkelin Brahmana, bersama dengan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Komisi A DPRD Karo, laksanakan Rapid Tes di Aula
di Ruang Rapat Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kec. Kabanjahe, Rabu (17/06/2020) pagi.

Pemkab Karo Rapid Tes Pimpinan OPD dan Anggota DPRD Karo

Irna Safrina : “Hasil Rapid Tes Pimpinan OPD dan Anggota DPRD Karo Non-Reaktif”

Karo-Surakaro.com
Bupati Karo Terkelin Brahmana, bersama dengan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Komisi A DPRD Karo, laksanakan Rapid Tes di Aula di Ruang Rapat Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kec. Kabanjahe, Rabu (17/06/2020) pagi.

Pemerintah Kabupaten Karo melalui Tim Gugus Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid -19) Karo melaksanakan Rapid Tes massal bertahap untuk pencegahan dan penanganan Covid 19. Rapid test perdana diperuntukan bagi pejabat publik baik itu Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kabag Protokol, Anggota DPRD, Perwakilan Press, serta pejabat di lingkungan Pemkab Karo.

Ir. Edi Ulina Ginting mengatakan, rapid test massal Covid-19 merupakan salah satu langkah awal Pemkab Karo dan DPRD Karo dalam mempersiapkan Tatanan Kebiasaan Baru.

“New normal dapat diterapkan, tapi dengan aturan kesehatan yang ketat. Kemudian pengawasan dan pelaksanaannya jangan sampai kecolongan, supaya Karo bisa zona hijau. Tujuannya untuk menyelamatkan jiwa orang banyak,” jelasnya.

Ditambahkan Bupati Karo dan Ketua Komisi A Inolia br Ginting,
Sehubungan Bantuan Rektor Universitas Sumatera Utara Prof.DR Runtung Sitepu, SH MHum, Bupati Karo menyampaikan pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan. Meskipun nantinya Karo menerapkan New Normal seperti membuka kembali tempat ibadah gereja maupun masjid, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Diantaranya jarak diatur sesuai kapasitas ruangan dan aturan kesehatan, juga sebelum masuk harus periksa suhu tubuh.

“Ya kita mulai bersiap, dengan menjalankan protokoler kesehatan, yang telah di tetapkan oleh pemerintah pusat,” Ucap Bupati karo, Terkelin.

Wakil Bupati Karo, Cory Sebayang, bersama dengan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Komisi A DPRD Karo, laksanakan Rapid Tes di Aula
di Ruang Rapat Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kec. Kabanjahe, Rabu (17/06/2020) pagi.

Kadis Kesehatan Drg Irna Safrina Milala segera meminta Tim medis dan Menyiapkan Peralatan untuk Rapid yang Dimulai dari Ir.Edi Ulina ,Bupati Karo,Wakil Bupati Karo,Sekda Karo ,Wartawan,Satpol PP dan Kabid Humas  F Leonardo Surbakti,S,STP.

Hadir di kesempatan itu Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, anggota Komisi A Edi ulina Ginting, Nora Else Br Surbakti, Onasis Sitepu, Herti Delima, Dodi Sinuhaji, Purnama Mas Tua Br Sagala, Sipken Ginting, Jani Sembiring, Sekda Karo Drs Kamperas Terkelin Purba, Plt Asisten I Dapit Trimei Sinulingga, Plh Ketua GTPP Covid-19 Ir Martin Sitepu, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi dan Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala.

Satu demi satu rapid tes dilakukan diawasi Dinas Kesehatan Karo, dengan hati-hati mengumumkan hasil tes langsung dihadapan wartawan serta semuanya negatif.

Sejalan dengan itu, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Karo, Drg.Irna Safrina Milala, tujuan Rapid Test sebagai pemeriksaan imunoglobulin sebagai skiring awal uji Covid 19 menggunakan spesimen darah.

“Semua yang di Rapid tes Hasilnya non reaktif. Sehingga Jika ada yang hasilnya reaktif berarti nanti akan menuju pemeriksaan selanjutnya, yang bersangkutan kami harapkan karantina mandiri di rumah kurang lebih 14 hari. Nanti kalau sudah dilakukan uji Swab dan dikonfirmasi positif Covid 19 baru kami melakukan penanganan selanjutnya. Jadi kalau seandainya reaktif, harus dilakukan pemeriksaan uji Swab,” jelas Irna.(Baycuk/RP)

Leave a Reply