Karo InfoPolitikWarta

Dandim 0205/Tanah Karo Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada Seretak Tahun 2020 Sumut

Karo Info, Politik, Warta

Dandim 0205/Tanah Karo Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada Seretak Tahun 2020 Sumut

Views

Karo-Surakaro.com. Jumat 03/07/2020 Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Riza, S.E bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH., M.H dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono, di Ball Room Hotel Grand Aston Medan mengikuti pelaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 Sumut, yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Moh. Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian.

Turut hadir dalam Rakor Pilkada Serentak 2020 Prov. Sumut  yaitu Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA. MSc., Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Martuani Sormin Siregar MSi., Ketua DPRD Prov. Sumut, Ketua Bawaslu Prov. Sumut, Kabindasu, Kakesbangpol Prov. Sumut, Para Deputi, Para Dirjen Kemendagri, Staf Khusus Menkopolhukam, Kajatisu, Ketua KPU Prov. Sumut, Seluruh Kepala Daerah Kabupaten dan Kota Sumut, Seluruh Dandim jajaran Dam I/BB (wilayah Prov. Sumut), Seluruh Kapolres jajaran Polda Sumut  serta Seluruh Perangkat Penyelanggara Pilkada Serentak Tahun 2020 Sumut.

Ketua KPU Prov. Sumut  pada Rakor ini memberikan paparan tentang kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 Sumut  yaitu  sebelum pelaksanaan kegiatan tetap dilaksanakan Rapid Test dan Pilkada Sehat, kemudian dilanjutkan paparan kesiapan Pilkada oleh Bawaslu Prov. Sumut yaitu proses pencairan anggaran harus sesuai jadwal juga Bawaslu mengawasi kesiapan pihak Pemda untuk membantu penyediaan APD dalam proses Pilkada nantinya, kemudian Pengawasan Pilkada secar  tehnis dan non tehnis sudah disediakan agar tidak terkendala dalam proses Pilkada, karena Pihak Kemendageri sudah mengeluarkan  surat edaran tentang aturan Protokol Kesehatan agar proses Pilkada dilaksanakan dengan sehat.

 

Dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Utara menyampaikan dalam sambutannya agar kita wajib fasilitasi pesta demokrasi rakyat walau terdampak Covid-19 dan kegiatan ini harus terlaksana karena amanah sesuai undang-undang, serta laksanakan pesta demokrasi ini dengan gembira tapi tetap menjaga protokol kesehatan saat memberikan hak pilihannya dan saya selaku Gubernur  bertanggung jawab dalam pelaksanaan  kegiatan pesta demokrasi rakyat Sumut kali ini, juga mohon dukungan dan arahan dari Menkopolhukam dan Mendagri.

 

Ketua Komisi II DPR RI menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak ini sudah yang ke empat kalinya dilaksanakan, namun saat ini sedikit berbeda karena dampak wabah Covid-19, pastilah terdapat penambahan dana dihadapakan dengan pandemi Covid-19 untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, serta dalam pelaksanaannya menerapkan disiplin protokol kesehatan agar Pilkada tetap berjalan  baik, karena ada sekitar 105 juta orang peserta Pilkada seluruh Indonesia, kemudian meminimalisir tingkat kecurangan dalam proses Pilkada khusunya bagi Bawaslu harus mengawsasi penyampaian visi misi para calon.

Sedangkan Mendageri menyampaikan tahapan pelaksanaan Pilkada  dan pemungutgan suara tanggal 09 Desember 2020, dalam pendanaan utamakan dana APBD, kemudian terkait dampak Covid-19 terdapat penambahan anggaran dana dan diharapkan dalam seminggu ini terkait dana hibah dari Pemda yang belum maksimal diharapkan sudah terpenuhi semua sebelum tanggal 16 Juli 2020 guna mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Diakhir kegiatan Rakor ini Menkopolhukam menyampaikan agar pelaksanaan kegiatan Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan denggan baik dan aman serta wajib mengikuti protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19.

Leave a Reply