Karo Info

Ketua DRPD SU, Bupati Karo dan Dapil XI Survei Jalan Sukanalu Karo-Surakaro.com

170Views
Ketua DRPD SU Baskami Ginting, Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Ketua Komisi D DPRD Sumut Anwar Sani Tarigan dan perwakilan dapil XI (Karo-Pakpak-Dairi) Ingan Amin Barus melakukan survei diJalan Provinsi Tongkoh-Barusjahe, di Desa Sukanalu, Kamis (16/7/2020).U

Ketua DRPD SU, Bupati Karo dan Dapil XI Survei Jalan Sukanalu

Karo-Surakaro.com
Ketua DRPD SU Baskami Ginting, Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Ketua Komisi D DPRD Sumut Anwar Sani Tarigan dan perwakilan dapil XI (Karo-Pakpak-Dairi) Ingan Amin Barus melakukan survei diJalan Provinsi Tongkoh-Barusjahe, di Desa Sukanalu, Kamis (16/7/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

Dalam kegiatan ini turut hadir anggota Komisi D DPRD Sumut, Kadis BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Provsu, Ir HM Arman Effendi Pohan, Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sianturi, Msi.

Menurut dapil XI yang meliputi Karo-Dairi -Pakpak Ingan Amin Barus, menyebutkan Jalan Provinsi Tongkoh-Barusjahe persis tikungan di Desa Sukanalu Kab. Karo, kerap terjadi kendaraan besar seperti tronton memilih mencari jalur lain ketimbang harus melewati beberapa tikungan Desa Sukanalu.

“Lokasi jalan yang sempit, maupun tikungan yang sangat tajam, sehingga diperkirakan saat selisih kendaraan roda empat di tikungan ini kerap terjadi kecelakaan jika supir tidak waspada,” ujarnya.

Untuk antisipasinya, dirinya sudah berkoordinasi dengam pihak BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) agar ruas jalan baru dibuka dan dibangun. Sehingga ruas jalan sebanyak tiga kali tikungan tidak dilewati lagi. Keuntungannya kendaraan besar sekalipun sudah dapat lewat karena ruas jalan tidak lagi sempit dan tikungan tajam.

“Masalah pembebasan lahan, saya berjanji akan berjuang untuk melakukan itu. Namun demikian saya juga meminta Pemkab Karo membantunya, pada saat butuh komunikasi dan adminiterasi dengan masyarakat setempat,” jelasnya.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan Ketua komisi D DPRD Anwar Sani Tarigan, menyatakan sepakat akan mendukung penuh ide dan gagasan dalam memperluas kerangka roda ekonomi.

“Salah satunya akses jalan ditingkatkan dengan kemampuan segala kendaraan roda emoat (R4) dapat lewat,” ucapnya.

Dikesempatan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengaku sependapat dengan jalan Sukanalu, ada beberapa titik tikungan tajam tidak digunakan lagi, apabila ada jalur baru dibuka dan dibangun.

“Pemda karo, mengapresiasi atas turunnya segala tim work kelapangan ini dengan membawa dinas terkait dari provsu adalah suatu yang patut kami ucapkan terima kasih. Untuk itu, apa yang dibutuhkan pemkab siap memfasilitasi terhadap masyarakat maupun yang lainnya,” ungkapnya.

Sedangkan, Kadis Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK), Ir. HM Arman Effendi Pohan, mengatakan siap untuk mengkaji dan menganggarkan dananya, sepanjang ada dukungan dari pihak DPRD Sumut. Pun begitu, meminta agar pembebasan lahan segera dianulir supaya dapat dibahas dalam tahun 2020 ini. (Dhany/RP)

Tinggalkan Balasan