Karo InfoKesehatanSosialWarta

PATROLI HIMBAUAN GAKPLIN PROTKES DI PIMPIN DANRAMIL 03/BERASTAGI MAYOR INF JIMMY BARUS, S.SOS

Karo Info, Kesehatan, Sosial, Warta

PATROLI HIMBAUAN GAKPLIN PROTKES DI PIMPIN DANRAMIL 03/BERASTAGI MAYOR INF JIMMY BARUS, S.SOS

Views

Karo-Surakaro.com. Sabtu 18/07/2020. Dandim 0205/Tanah Karo Letnan Kolonel Inf Taufik Rizal, S.E memerintahkan Mayor Inf Jimmy Barus, S.Sos Danramil 03/Berastagi Kodim 0205/TK untuk memimpin  Patroli Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Kecamatan Berastagi dan sekitarnya serta di Kota Kabanjahe (Pusat Pasar Kabanjahe), sebelum pelaksanaan kegiatan dilaksanakan Apel Pengcekan Personel dan arahan kegiatan, kemudian dalam kegiatan ini juga hadir Pasi Opsdim 0205/TK Kapten Inf J.M.H. Tampubolon untuk mengarahkan kegiatan.

Personel yang diikutkan dalam kegiatan patrol penegakan disiplin protkol kesehatan adalah Babinsa Koramil 03/Berastagi dan perkuatannya, Bhabinkamtibmas Polsek Berasatagi, Dishub Kab. Karo dan Satpol-PP Pemda Kab. Karo, kemudian sasarannya di Kecamatan Berastagi dan Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo-Sumut  yaitu tempat  berkumpunya warga atau tempat keramaian yang sering didatangi warga seperti di kafe, restoran dan tempat wisata mulai dari Penatapan Doulu, Lau sidebuk-debuk, Bukit Kubu Hotel, Kota Berastagi, Pasar Buah Berastagi, Taman Mejuah-juah, Bukit Gundaling dan Gundaling Farm, kemudian dilanjutkan ke Terminal, Pasar Berastagi serta Pusat Pasar Kabanjahe, kegiatan dilakukansebagai upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kab. Karo, memimpin para Babinsanya dan personel gabungan dari Polres Tanah Karo, Satpol-PP Dishub dan Diskes Kab. Karo.

Mayor Jimmy Barus, S.Sos. dalam kesempan menyampakain bahwa perintah dandim 0i205/TK kami melaksanakan kegiatan patroli dipusatkan di Kecamatan Berastagi yang merupakan salahsatu tujuan weekend dan wisata di Sumatera Utara, karena jaraknya tidak jauh dari Kota Medan, terutama di hari libur maupun weekend yang sudah pasti para pengunjung dari luar daerah mupun dari Kab. Karo sendiri ramai datang untuk berlibur ke berastagi yamusk dalam wilayah binaan kami,  oleh karena itu kami himbau kapada warga agar menerima, memahami dan melaksanakan himbuan pelaksanaan protocol kesehatan yaitu gunakan masker yang baik dan benar, menjaga jarak (Phisical Distancing), mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir atau mengunakan handsanitizer, beretika saat batuk membuang dahak/ludah dan bersin.

Dandim 0205/TK dalam menanggapi kegiatan yang dilaksanakan jajarannya yang bersinergi dengan intansi lain dijelaskan bahwa seluruh jajaran Kodim 0205/TK dalam hal ini Koramil menerima perintah  untuk lebih aktif dalam melaksanakan patroli, bangun kerjasama yang baik dengan pihak Polsek maupun Satpol PP Kecamatan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan berhasil, dengan harapan operasi penegakan disiplin  protokol kesehatan dapat diterima, dimengerti dan dilaksanakan oleh masyarakat supaya warga pendatang maupun warga Tanah Karo terbebas dari Covid-19, karena saat ini kita sama-sama mengetahui bahwa kabupaten karo berstatus Zona Merah Covid-19, jika protokolo kesehatan dilaksanakan mudah-mudahan berubah menjadi Zona Hijau dan jika  keadaan kembali normal sudah pasti masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa dan perputaran roda ekonomi lancar, juga saya sampaikan ke jajaran agar dalam menyampainkan himbauan agar mengunakan cara yang humanis, kreatif dan edukatif, kemudian jangan ragu dalam bertindak karena operasi ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan peraturan pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana”, pungkasnya. (BW GATUBIMA)

Leave a Reply