Karo Info

Update Erupsi Sinabung 4 Kecamatan Terdampak Abu Vulkanik

Views

Petugas pemadam kebakaran terlihat sedang membersihkan sisa dari abu vulkanik yang menutupi ruas jalan akibat erupsi Gunung Sinabung di Desa Naman Teran, Kab. Karo, Sabtu (08/08/2020)

Update Erupsi Sinabung

4 Kecamatan Terdampak Abu Vulkanik

Karo-Surakaro.com
Pasca erupsi gunung api Sinabung yang terjadi Sabtu (08/08/2020) dinihari tadi, menyebabkan abu vulkanik menyelimuti beberapa daerah di Kabupaten Karo.

Menurut Plt Kepala Pelaksana BPBD Karo, Natanail Perangin angin, dampak akibat erupsi gunung Sinabung menyebabkan 4 Kecamatan diselimuti abu vulkanik. Diantaranya, Kecamatan Merdeka, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Berastagi, dan Kecamatan Naman Teran.

“Sesuai data yang kita terima dan kelapangan, ada 4 kecamatan yang terkena abu vulkanik. Dan yang paling terdampak dan parah Kecamatan Naman Teran,” jelasnya saat ditemui di Desa Naman Teran, Sabtu (08/08/2020) siang.

Menurutnya Kecamatan Naman Teran terpapar paling parah dikarenakan berdekatan dengan gunung Sinabung. Dan sudah mempersiapkan 5 unit mobil pemadam kebakaran, untuk membersihkan daerah yang terdampak abu vulkanik.

“Setelah kita cek lokasi, di Naman Teran abu sangat tebal. Ditambah lagi hujan turun membuat kondisi jalan semakin berlumpur dan licin. Kita sudah siapkan 5 Damkar untuk menyiram abu di beberapa tempat,” jelasnya.

Dirinya menambahkan sudah membagikan masker kepada masyarakat yang terdampak erupsi tersebut.

“Selain itu kita juga sudah membagi-bagikan masker kepada masyarakat melalui perangkat desanya,” ujarnya. (Baycuk/RP)

Leave a Reply