Berita DaerahHomeKaro InfoSerba-SerbiWarta

Kapolres Karo : Satpam di Tanah Karo Masih Banyak Yang Tidak Memiliki KTA Satpam dan Sertifikat Gada Pratama

Views

Kapolres Karo : Satpam di Tanah Karo Masih Banyak Yang Tidak Memiliki KTA Satpam dan Sertifikat Gada Pratama

Karo,Surakaro.com

Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono SH,MH sangat menyayangkan, Banyaknya Perusahaan mengunakan jasa Satpam direkrut melaui jasa perorangan atau jasa Sapkon (cabang penyedia jasa) yang tidak memenuhi standar Satpam melalui pelatihan dan perbekalan.

AKBP Yustinus Setyo Indriyono SH MH, di ruang kerjanya Kamis (07/12/2020) pukul 16.00 Wib,mengatakan bahwa hari ini Kasat Binmas AKP Budiyanta dan personil sudah melakukan pengecekan yang diawali dari sejumlah perusahaan di Kecamatan Tigapanah.

Setelah di cek,hampir di setiap perusahaan yang mengunakan jasa satpam sebagai pengamanan tidak memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Satpam dan Sertifikat Gada Pratama.

“Dari hasil laporan personil yang terjun kelapangan, didapati puluhan Satpam saat dilakukan pengecekan tidak memiliki standar kelayakan Satpam, karena satpam yang ditempatkan dan di pekerjakan oleh perusahaan harus memiliki sertifikat Gada Pratama yang didapatkan melalui pelatihan,”tutur Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono SH MH.

Dikatakan Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono SH,MH,SIK,bahwa pesonil kita dalam waktu dekat ini akan di lakukan pencerahan Perpol nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa.

“Yang belum melakukan pendidikan dasar wajib berijazah dan memiliki KTA karena ijazah dan KTA tersebut sebagai perlengkapan tugas membantu kepolisian dalam membantu fungsi kepolisian terbatas,”

Satuan Pengamanan (Satpam) dapat menjaga serta meningkatkan kedisiplinan, integritas, solidaritas dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa. Serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk kemudian tingkatkan kemampuan agar dapat menunjang pelaksanaan tugas di lapangan. Untuk itu Satpam diwajibkan mengikuti pendidikan dasar keamanan. Ini menjadi satu dari 9 kebijakan strategis.

“Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan penyuluhan dan pencerahan kepada satpam-satpam yang ada di Tanah Karo, karena banyak sekali Satpam yang bekarja tidak memiliki KTA Satpam apalagi sertifikat Gada Pratama, ini tidak baik dalam disiplin dan tanggung jawab kerja yang profesional,”ujar Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono SH MH SIK mengakhiri.(Nico Sitepoe)

surakaro
the authorsurakaro
simple

Tinggalkan Balasan