Bencana AlamGunung SinabungHankamKaro InfoKodim 0205/TKKomunikasi SosialPolres Tanah KaroTNIWarta

PATROLI DAN HIMBAUAN LARANGAN MASUK ZONA MERAH SINABUNG TERMASUK DANAU LAU KAWAR. DILAKSANAKAN OLEH PIHAK KORAMIL 04/SE DAN POLSEK SIMPANG EMPAT

TNI, Kodim 0205/TK, Babinsa Koramil 04/Simpang Empat, Komsos, Covid-19, Patroli Zona Merah Sinabung, Gunung Sinabung, Simpang Empat, Danau Lau Kawar, Naman Teran, Karo.

PATROLI DAN HIMBAUAN LARANGAN MASUK ZONA MERAH SINABUNG TERMASUK DANAU LAU KAWAR. DILAKSANAKAN OLEH PIHAK KORAMIL 04/SE DAN POLSEK SIMPANG EMPAT

Views

Karo-Surakaro.com. Sabtu 05/06/2021. Di hari sabtu dan minggu perketat patroli dan penjagaan  Zona Merah Sinabung perintah Danramil 04/Simpang Empat Kodim 0205/Tanah Karo Kapten Inf Sedrah Karo Sekali kepada personel Koramil 04/Simpang Empat yaitu Pelda Legiman sebagai Bati Tuud, Serka Martua Sihombing dan Serda iwan Indarwan sebagai Babinsa, kegiatanpun harus tetap bersinegi dengan pihak Polsek Simpang Empat mauapun dengan aparat lain.

Dari pihak Polsek Simpang Empat AKP M. Ridwan Harahap sebagai Kapolsek memerintahkan personelnya Aipda A. Sigalingging dan Bripka D. Ginting, kegiatan yang dilaksanakan adalah menyampaikan himbauan Protokol Kesehatan Covid-19 yang masih mewabah,  juga saat ini juga melaksanakan patroli, penjagaan portal dan himbauan larangan warga beraktivitas di  Desa Perteguhen, Desa Jeraya, Desa Torong Kecamatan Simpang Empat serta Desa  Sukanalu dan Desa Kutarayat Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo-Sumut,  guna menghimbau dan melarang warga setempat maupun warga pendatang memasuki dan beraktivitas di Zona Merah Sinabung termasuk Danau Lau Kawar yang sekarang masuk dalam Zona Merah Sinabung, sehubungan sampai sekarang lokasi tersebut masih masih ada warga yang mengaanggap lau kawar sebagai tempat wisata, padahal sudah masuk dalam zona bahaya gunung sinabung.

 

Dalam kesempatan ini Danramil 04/SE Kapten Sedrah Karo Sekali menerangkan bahwa kami diperintahkan oleh Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, S.Sos Dandim 0205/Tanah Karo juga sebagai Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung dan AKBP Yustinus Setyo Indriono, S.H., S.IK., untuk menyampaikan amaran ataupun himbauan kepada masyarakat bahwa dilarang memasuki dan beraktivitas di zona-zona bahaya Gunung Sinabung karena masih berstatus siaga (Level-III), oleh sebab itu baik Warga Tanah Karo maupun warga yang datang dari luar daerah untuk berwisata masih dilarang sesauikettetapan dari pihak Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Pemerintah Kabupaten Karo, semua zona merah sinabung telah dibuat portal juga spanduk tulisan tanda dilarang masuk khususnya di seputaran Danau Lau Kawar karena sekarang bukan tempat wisata, karena potensi terjadinya erupsi dan guguran awan panas masih sangat tinggi, kemudian informasi aktivitas Gunung Sinabung harus didapatkan dari petugas yang berwenang maupun unsur pemerintah terkait yang mempertanggung jawabkan hal tersebut, kami dari Satgas Sinabung meminta kepada warga tidak masuk ke seputaran Danau Lau Kawar untuk berwisata, sebab masih bahaya.

AKP M. Ridwan Harahap juga menambahkan keterangan bahwa kami Pihak Polsek Simpang Empat menyampaikan himbauan dari Pihak Pemda Kab. Karo Prov. Sumut, dari Pos PVMBG Simpang Empat dan dari Satgas Tanggap Darurat Sinabung menghimbau serta merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 KM untuk sektor selatan-timur, dan 4 KM untuk sektor timur-utara, kemudian jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik juga mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh, serta masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar, kemudain warga agar jangan mendatangi Danau Lau Kawar”, Kapolsek menutup keketarangannya.

Sedangkan keterangan dari petugas yang ada dilapangan yaitu Pelda Legiman yang mengatakan tentang informasi dari PVMBG maupun melihat kenyataan sampai saat ini Gunung Sinabung statusnya belum aman, sehingga kami masih mengecek dan merawat benner/spanduk, plang maupun tulisan yang sudah terpasang tentang larangan masuk dan berativitas di zona merah, kemudian kami melakukan dilakukan patroli, himbauan  dan himbauan larangan masuk secara langsung, agar tidak ada warga yang beraktivitas di Zona Merah Gunung Sinabung, namun mereka mencuri-curi kesempatan serta dcengan berbagai alasan berusaha untuk memaksakan diri masuk dan berkativitas ke zona merah, padahal sampai saat ini status Gunung Sinabung statusnya SIAGA (Level III), erupsipun masih terus terjadi, sebab itulah kami diperintahkan Danramil 04/SE Kapten Inf Sedrah Karo Sekali untuk tetap menghimbau dan mengingatkan warga agar tidak masuk apalagi melakukan aktivitas, terutama warga yang mendatangi Danau Lau Kawar”, pungkasnya Pak Legiman. (BW GATUBIMA)

Tinggalkan Balasan