Kesehatan

Personel Koramil 03/BT Lakukan Monitoring Pada Pemberian KB Gratis di Berastagi

Personel Koramil 03/BT Lakukan Monitoring Pada Pemberian KB Gratis di Berastagi

Personel Koramil 03/BT Lakukan Monitoring Pada Pemberian KB Gratis di Berastagi
123Views

surakaro.com, Karo – Babinsa Koramil 03/BT Serda Tulus Siahaan dan Kopda H.Widodo melakukan monitoring kepada puluhan warga kecamatan Berastagi yang mengikuti program bakti sosial KB gratis. Kegiatan pelayanan KB gratis tersebut merupakan program BKKBN Kabupaten Karo.

Serda Tulus Siahaan menjelaskan pemberian KB gratis ini untuk melayani warga yang mengikuti program KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP), yakni spiral. Sasarannya, ada 25 warga yang mendapat KB gratis dari satu kecamatan.

“Setiap kecamatan ada target pelayanan KB spiral namun jika lebih dari target jumlah sasaran yang kita tentukan maka itu akan lebih bagus. Jadi kami berharap kepada masyarakat untuk memanfaatkan momen pelayanan KB gratis ini untuk ber-KB,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia melihat para ibu antusias mengikuti pelayanan KB gratis tersebut. Itu menunjukkan semakin banyak masyarakat yang ingin mengikuti program keluarga berencana. Momentum ini bisa menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya kehamilan yang direncanakan, dan meningkatkan kesadaran penggunaan kontrasepsi serta menggiatkan edukasi seksualitas dan reproduksi.

Karena kegiatan pelayanan KB bergerak tersebut dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, panitia dan masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Bahkan, setiap akseptor yang datang untuk memasang dan membongkar alat kontrasepsi wajib cek suhu tubuh.

 

(BC)

Tinggalkan Balasan