Kodim 0205/TKKomsos Babinsa Kodim 0205/TKKomunikasi SosialPertanianTNITNI-Polri-Pemerintah-MasyarakatWarta

BABINSA KORAMIL 03/BERASTAGI IKUT SOSIALISASI MANFAAT PUPUK KOMPOS

BABINSA KORAMIL 03/BERASTAGI IKUT SOSIALISASI MANFAAT PUPUK KOMPOS

TNI, Kodim 0205/TK, Babinsa Koramil 03/Berastagi, Komsos, Pertanian, Pupuk Kompos, Berastagi, Karo
11Views

Karo-Surakaro.com. Senin 01/08/2022. Bertemnpat di Jambur/Balai Desa Laugumba Kecamatana Berastagi Kabupaten karo-Sumut dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Pupuk Kompos dan Sistem Penanaman Cabai dan Brokoli (Holtikultura) dalam rangka mewujutkan ketahanan pangan yang kuat dihadiri oleh  Sertu M. Edy Suwito Babinsa Koramil 03/Berastagi Kodim 0205/Tanah Karo, Camat Berastagi, PPL Dinas Perttanian dan perternakan Kab.Karo, Kepala Desa Laugumba, Sekdes lau Gumba, Perangkat Desa Laugumba dan BPD Laugumba, kegiatan juga sekaligus penyerahan bantuan pupuk kompos dan bibit cabai yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022.

 

Dalam kesempatan ini PPL Dinas Pertanian dan peternakan Kab. Karo menerangkan tentang Pupuk kompos adalah jenis pupuk organik yang berasal dari penguraian sampah organik seperti dedaunan. kompos disebut juga sebagai pupuk yang terdiri atas daun, jerami, alang-alang, rumput, dedak padi, batang jagung, sulur, dan bahan organik lain. Pengomposan sebenarnya bisa terjadi secara alami. Namun ketika ada tindakan dari manusia seperti penambahan mikroorganisme pengurai, pengomposan terjadi lebih cepat. Kemudahan cara pembuatan dan kandungan hara yang terdapat dalam kompos membuat banyak petani mulai tertarik menggunakan pupuk organik ini.

 

Juga menjelaskan tenatng manfaat pupuk kompos dari aspek fisik Kompos mengandung materi genetik yang dapat memperbaiki sifat fisik tanah. Fraksi materi genetik merupakan koloid dengan muatan listrik negatif dan dapat berkoagulasi dengan kation dan partikel tanah. Sehingga membuat struktur dan tekstur tanah menjadi lebih baik. Advertisement Penambahan pupuk kompos akan membuat tanah berpasir menjadi lebih kompak dan membuat tanah berlempung menjadi lebih remah. Agregasi tanah ini disebabkan oleh produksi polisakarida yang diperoleh dari metabolisme mikroorganisme. Apabila struktur dan tekstur tanah baik maka pertumbuhan akar tanaman juga semakin baik. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap penyerapan nutrisi dari tanah untuk proses pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Kemudian manfaat pupuk kompos dari aspek kimia Pupuk kompos memiliki kemampuan untuk mengkonservasi materi organik yang mengembalikan nutrien di dalam tanah. Kompos yang terbuat dari bahan organik juga mengandung unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman. Beberapa unsur hara makro yang terkandung dalam kompos antara lain nitrogen, fosfor, potasium,  magnesium, dan unsur penting lainnya. Sedangkan kandungan unsur hara mikro yang ada di kompos seperti besi, sulfur, mangan, tembaga, seng, boron, dan molibdenum. Kompos juga memiliki kemampuan menetralkan pengaruh toksik beberapa mineral dalam tanah. Dengan demikian, tanaman tidak akan menyerap mineral beracun yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman tersebut. Kompos juga bisa membantu membebaskan karbon dioksida. Hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan proses fotosintesis

Selain itu manfaat pupuk kompos dari aspek biologis Jika dilihat dari aspek biologis, pupuk kompos memberikan manfaat untuk meningkatkan jumlah mikroba tanah. Aplikasi kompos membantu pembentukan struktur tanah yang baik. Kompos juga bisa merangsang mikoriza yang bersimbiosis dengan akar. Penambahan mikroorganisme dalam kompos bisa meningkatkan kualitas pupuk organik ini dan berguna meningkatkan kesuburan tanah”, pungkasnya PPL Distannak.

Sertu Edy juga menambahkan manfaat pupuk kompos dari aspek lain jika dilihat dari aspek lain, manfaat pupuk kompos sebagai berikut untuk menekan populasi nematoda parasite (cacing), detoksikasi pestisida yang diaplikasikan ke tanah, juga meningkatkan hasil panen berbagai tanaman cabai serta  brokoli (Holtikultura) dan sebagainya, mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi juga peyerahan pupuk kompos dan bibit unggul, warga desa binaan yang berprofesi sebagai petani bisa menikatkan hasil panen sehingga meningkat juga tarap ekonominya”, kata Edy. (BW GATUBIMA)

Tinggalkan Balasan