Serba-Serbi

Koramil 08 Tiga Binanga Imbau Masyarakat Jaga Ketertiban dan Kebersihan Desa

52Views

Karo, Surakaro.com, – Koramil 08 Tiga Binanga Kodim 0205 Tanah Karo melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warga di Desa Simpang Pergendangen Kec. Tiga Binanga, Sabtu (25/03/2023) pagi.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa Koramil 08 Tiga Binanga Serda M Rizky Nasution, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perlunya menjaga kebersihan lingkungan. Menurutnya dengan menjaga kebersihan lingkungan akan terhindar dari penyakit dan juga ancaman bencana alam seperti banjir dan longsor.

“Kalau kita menjaga lingkungan otomatis kita akan terhindar dari penyakit, kemudian resiko terjadinya banjir dan longsor juga akan minim,” Terangnya.

Selain itu pada bidang pertanian, masyarakat diajak ikut mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan.

“Kita mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan hasil pertanian, baik padi, jagung dan yang lain. Selain meningkatkan ekonomi, juga ikut berperan dalam mendukung program pemerintah,” Terangnya.

Lanjutnya dirinya juga membahas seputaran tentang kerukunan hidup dalam bermasyarakat. Saling menjaga kerukunan beragama, dengan menerapkan nilai Pancasila.

“Kita mengajak masyarakat untuk hidup rukun dalam bermasyarakat, saling menjaga dan saling bekerja sama,” Ungkapnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk menjaga kekompakan maka keamanan dan kenyamanan akan terjadi. Selain itu juga penggunaan Poskamling Desa pada waktu tertentu.

“Kita komsos terkait permasalahan keamanan, dikarenakan kalau warga kompak dan bersatu, maka akan tercipta suasana kondusif dan aman. Serta mengaktifkan kembali fungsi Poskamling yang selama ini vakum,” Jelasnya.

Lanjutnya dengan pengaktifan Poskamling ini dapat mengantisipasi adanya kejahatan, dimana masyarakat Desa akan secara bergantian berjaga.

“Kegiatan jaga malam nantinya diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat desa,” Ujarnya.

Selain itu fungsi dari Poskamling ini juga akan dimanfaatkan sebagai pos penegakan pendisplinan Protokol Kesehatan.

“Di Poskamling ini juga nantinya akan menjadi lokasi atau tempat penegakan pendisplinan Prokes. Karena sampai saat ini situasi masih dalam Pandemi Covid 19,” Ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Perangkat Desa dan warga Desa. Selama kegiatan berlangsung aman dan tertib. (Tim)

Tinggalkan Balasan