Babinsa Kodim 0205/TKKaroKaro InfoKemanunggalan TNI Dengan RakyatKetahanan PanganKodim 0205/TKKomsos Babinsa Kodim 0205/TKKomunikasi SosialPertanianSilaturahmiTNITNI Kodim 0205TKTNI-RakyatWarta

Komsos Sambil Dampingi Warga Rawat Bibit Tanaman Sayur Rutin Dilaksanakan Babinsa Koramil 01/Barusjahe

TNI, Babinsa Koramil 01/Barusjahe Kodim 0205/TK, Komsos, Barusjahe Karo
28Views

Karo-Surakaro.com. Sabtu 25/08/2023.  Serka Rendra Juli Rahmat  sebagai Babinsa Koramil 01/Barusjahe Kodim 0205/Tanah Karo mendapat perintah dari Danramil Kapten Jonson E. Sembiring di akhir pekan ini melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial  silaturahmi sambil pendampingan pertanian yaitu membantu merawat bibit tanaman sayur cabe, tomat, sawi pahit, sawi manis, sawi pagoda, selada bokor dan kol/kubis dilahan pembibitan dan ladang sayur seluas 1 hektar tepatnya di Pembibitan UD . SPJ milik Bapak Lukas Tarigan di Desa Sukajulu Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo-SUMUT.

Komsos bersilturahmi Serka R.J. Rahmat dengan warga pekerja pembintan yaitu Ibu Yolanda Br Ginting dan Ibu Tesa  Br Sinaga dilaksanakaan pada hari ini (25/11) sambil membantu pekerjaan serta bertukar pengetahuan tentang membuat media tanaman, membersihkan gulma, membantu penyiraman dan pemupukan tanaman, maupun cara budidaya tanaman sayur dari mulai pembibitan, perawatan, panen, pemasaran dan mencegah gangguan hama batang serta bagaimana cara memberikan pupuk, sehingga tanaman sayuran subur dan tahan hama.

Tentang hasil kegiatan yang dilaksanakannya, Serka R.J. Rahmat mengatakan bahwa para Babinsa sambil melaksanakan Komsos silaturahmi juga melaksanakan membantu pertanian sambil bertukar ilmu atau pengalaman dengan warga tentang bercocok tanam sayur, kemudian para Babinsa juga melaksanakan pengecekan stok pupu dan obat-obatan pertanian serta bibit unggul, agar petani tidak sulit dalam mendapatkan barang-barang tersebut akibat adanya penimbunan, mahalnya harga mapun masukanya pupuk, obat-obatan pertanian dan bibit palsu.

Tanggapan dari masyarakat desa binaan mengucapakan terima kasih kepada para Babinsa Koramil 01/Barusjahe yang sudah membantu merawat tanaman, para Babinsa juga  tidak segan berlajar maupaun berbagi ilmu dan pengalaman tentang bertani, mudah-mudahan dengan adanya pendampingan ini warga menjadi semangat kembali dalam Bertani, juga denagn adanya pengecekan harga dan stok pupuk muapun obat-obatan pertanian warga tidak sulit mendaptkan barang-barang tersebut. (Bayu.W GATUBIMA_PENDIM 0205/TK)

Tinggalkan Balasan