Karo InfoKesehatan

Tokoh Masyarakat Karo Apresiasi Bupati Karo Dalam Penanganan Covid 19

464Views
Tokoh masyarakat Karo yang tergabung dalam group “Kita Bisa Ubah Karo” saat Zoom Meeting dengan Tim GTPP Covid 19 Karo dalam penanganan Covid 19, Minggu (12/07/2020).

Tokoh Masyarakat Karo Apresiasi Bupati Karo Dalam Penanganan Covid 19

Karo-Surakaro.com
Tokoh masyarakat Karo yang tergabung dalam group “Kita Bisa Ubah Karo” mengapresiasi sekaligus meminta kepada Bupati Karo, untuk melakukan perbaikan sistem kinerja dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal ini diungkapkan Aries eklesia Sebayang sebagai moderator, saat digelar Zoom Meeting, tentang penanganan Covid 19 di Karo, serta penyampaian sejumlah usulan dan catatan penting. Menurutnya seiring dengan lonjakan positif Covid-19 diwilayah Kab. Karo dan selama ini adanya kendala yang dihadapi berupa lambatnya hasil tes PCR keluar oleh pihak di Medan, membuat pihak tim Gugus Tugas Kab. Karo lamban dalam Tracing (melacak) pasien yang sudah positif.

“Kendala yang dihadapi yakni pasien sulit terlacak karena hasil PCR test yang lamban, seperti selama ini baru didapat setelah dua atau tiga minggu. Untuk itu, selanjutnya Stafsus BUMN Arya Sinulingga, telah menawarkan apabila ada pasien yang di swab di Kab. Karo, agar sampel dikirim ke Rumah Sakit Pelindo I Medan, dimana maksimal dua atau tiga hari hasilnya akan keluar,” terangnya, Minggu (12/07/2020) malam.

Dan lanjutnya untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang positif Covid-19, agar Pemkab Karo lakukan penyiapan penampungan eks Rumah Sakit Flora dan Rumah Sakit Efarina Eaham dengan menjalin kerjasama. Sisi lain, Pemkab Karo agar melakukan pengetatan di jalur pintu masuk, lakukan screening, supaya tidak terlewatkan masuknya orang yang tanpa gejala (OTG) membawa virus ke Kab. Karo, dengan ikuti protokoler kesehatan.

“Selain itu, peralatan ventilator supaya ditambah dari biasa 2 buah menjadi 5 buah, maupun obat obatan sesuai standar juknis Kemenkes RI, dilengkapi kembali, agar sewaktu waktu ada pasien gawat darurat, tim medis Gugus tugas sudah siap menangani dengan kondisi alat yang ada,” ungkapnya.

Menanggapi sejumlah catatan dan usulan yang diminta Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengapreisasi, sebab masih ada yang peduli akan kemajuan Tanah Karo.

“Sangat bagus, usulan yang disampaikan bung Aries, ini momen bagi kami tim kerja Gugus Tugas Kab. Karo merubah sistem bekerja, yang selama ini kami sulit mendapatkan hasil cepat PCR test dari pihak salah satu rumah sakit di Medan. Namun dengan adanya campur tangan bung arya Sinulingga, proses kedepan semakin cepat, kami mengucapkan terimaksih atas rekomendasinya,” ucapnya.

Sementara Plh Ketua GTPP Covid-19 Ir Martin Sitepu mengatakan bahwa sekarang ini ada tim pendisplinan dari tim gabungan TNI, Polri, satpol PP, unsur BPBD dan dishub, dipintu masuk ke Kab. Karo dilakukan pengecekan terhadap orang yang masuk dari Medan menuju Kabanjahe ataupun lintas Kabanjahe.

“Tim pendisplinan sudah kita letak di beberapa titik rawan keramaian maupun pintu masuk. Kita lakukan pengecekan serta imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan mendukung dan sepakat sejumlah catatan yang disampaikan demi kebaikan Tanah Karo Simalem, apalagi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Usulan yang diberikan sangat bagus, yang intinya untuk kebaikan kita semua,” ucapnya.

Hal yang sama dikemukakan DR Badikenita Sitepu, SE, MSI, anggota komite I, DPD RI, mengatakan dengan adanya kerjasama seperti ini, semua permasalahan akan dapat teratasi.

“Mari hal-hal positif terus kita bangun bersama dilain waktu, demi keselamatan masyrakat tanah karo aman dari Covid-19,” harapnya.

Turut hadir Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH,Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan, Stafsus BUMN Arya Sinulingga, DR Badikenita Sitepu, SE, MSI, anggota komite I, DPD RI, Plh ketua Gugus GTPP Covid-19 Ir Martin, kadis kesehatan drg Irna safrina, tokoh masyarakat Doktor Nuah Torong. (Baycuk/RP)

1 Komentar

  • Dengan Niat , iklas, berkerja sama yang baik antar unsur Forkompinda , mudah2 semua dapat diatasi dengan baik Amin

Tinggalkan Balasan