Karo Info

Pemkab Karo dan Pejabat Sumut, Wacanakan Jalur Segitiga Tongkoh Dibangun

145Views
Ketua DRPD Sumut Baskami Ginting, Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Ketua Komisi D DPRD Sumut Anwar Sani Tarigan dan perwakilan Dapil XI (Karo- Pakpak-Dairi) Ingan Amin Barus melakukan survei jalan Provinsi, di Simpang Tongkoh, Kec. Dolat Rakyat, Kab. Karo, Kamis (16/07/2020).

Pemkab Karo dan Pejabat Sumut, Wacanakan Jalur Segitiga Tongkoh Dibangun

Karo-Surakaro.com
Ketua DRPD Sumut Baskami Ginting, Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Ketua Komisi D DPRD Sumut Anwar Sani Tarigan dan perwakilan Dapil XI (Karo- Pakpak-Dairi) Ingan Amin Barus melakukan survei jalan Provinsi, di Simpang Tongkoh, Kec. Dolat Rakyat, Kab. Karo, Kamis (16/07/2020) sekira pukul 13.00 WIB

Pihak terkait yang turut mendampingi, Anggota Komisi D DPRD Sumut, Kadis BMBK (Bina Marga Bina Konstruksi) Provsu Ir HM Arman Effendi Pohan, Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sianturi, Msi.

Menurut kadis Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Ir HM Arman Effendi Pohan, menuturkan jalan Provinsi khusus disimpang Tongkoh mulai Tugu Jeruk ke Desa Basam rencana akan dibangun jalan memotong (alternatif) , sehingga jika dari arah medan yang selama ini melewati simpang tongkoh menuju Desa Basam, untuk selanjutnya tidak menggunakan jalur ini lagi.

“Konsep strategi ini untuk memperluas ruang gerak jalan agar bagi yang ke Berastagi dari arah medan tidak terganggu lagi, sebab sudah ada konsep jalur simpang tiga yang kita wacanakan akan dibangun tahun 2021,” ujarnya.

Lanjutnya kalau langkah ini dapat mengurai kemacetan, apalagi menjelang akhir pekan.

“Langkah ini juga mengurai kemacatan sekitar jalur tongkoh, sedangkan untuk pelepasan lahan, pihak BMBK sudah melakukan penjajakan dengan pihak provsu sebab ada lahan yang terkena milik dinas pertanian provsu dan dinas kehutanan provsu, sudah masuk dalam tahap kordiansi,” terangnya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH sangat mengapresiasi dan mendukung wacana pembangunan jalan dengan memotong jalur yang sudah ada, tentu sangat bermanfaat baik segi lalu lintas, mengurangi kemacatan di seputar tongkoh.

“Pada prinsip pemkab karo siap mendukung apa yang harus dilengkapi oleh pihaknya dalam memperlancar urusan adminitrasi sehingga terwujud jalur segitiga tersebut,” katanya.

Ketua Komisi D DPRD SU Anwar Sani mengisyaratkan apabila ada pihak-pihak di Provsu yang hendak di kordinasikan maka komisi D DPRD Sumut siap menjadi trigger dalam upaya menggolkan jalur segitiga emas tersebut.

Sedangkan anggota dapil XI berasal dari Kab. Karo Ingan Amin Barus menyatakan, bahwa sikap dari awal kepada dinas BMBK, akan akan tampil terdepan mendukung pemerataan pembangunan di kab. Karo, apalagi salah satu daerah Dapilnya.

“Untuk itu, diharapkan tahun 2021 anggaran nya dapat tampung di APBD provsu, apalagi tahun 2020 sudah di survei dan tahapan menyusun dokumen feasibility study,” harapnya. (Baycuk/RP)

Tinggalkan Balasan