Bencana AlamBerita DaerahGunung SinabungKaro InfoSerba-SerbiWarta

Aktivitas Gunung Sinabung Seminggu Terakhir Mulai Menyemburkan Lava Pijar dan Debu Vulkanik

Views

Aktivitas Gunung Sinabung Seminggu Terakhir Mulai Menyemburkan Lava Pijar dan Debu Vulkanik

Ket Gambar:Terekam diseismograf dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi sekitar 3 menit 21 detik

Karo,Surakaro.com

Aktivitas Gunung Api Sinabung yang berada di Kabupaten Karo,seminggu terakhir ini mulai menyemburkan lava pijar dan debu vulkaniknya. Senin (08/02/2021) sekira pukul 22:05 WIB.

Ket Gambar: Gunung Sinabung terlihat mengeluarkan geluguran awan panas dan pijar lava

Menurut Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra Erupsi terekam diseismograf dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi sekitar 3 menit 21 detik, namun tinggi kolom abu tidak teramati.

“Visual saat ini tidak teramati, namun erupsi terekam diseismograf. Saat ini Sinabung berada pada status Siaga atau level III,” ucapnya.

Armen menghimbau agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi. Begitu juga dilokasi dalam radius radial 3 km dari puncak gunung.

“Bahkan diradius sektoral 5 km yakni sektor Selatan-Timur dan 4 km sektor Timur-Utara. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila beraktivitas diluar rumah guna mengurangi dampak kesehatan,” pesannya.

Selain itu, masyarakat diharapkan dapat mengamankan sarana air bersih. Membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

“Bagi masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu dari Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin,” kata Armen mengakhiri.(Nico Sitepoe)

surakaro
the authorsurakaro
simple

Tinggalkan Balasan