Babinsa Kodim 0205/TKKemanunggalan TNI Dengan RakyatKodim 0205/TKKomsos Babinsa Kodim 0205/TKKomunikasi SosialPertanianSilaturahmiTNITNI Kodim 0205TKTNI-RakyatWarta

Lahan Pembibitan Tanaman Dijadikan Babinsa Koramil 01/Barusjahe Tempat Silaturahmi

TNI, Babinsa Koramil 01/Barusjahe Kodim 0205/TK, Komsos Upsus Ketapangnas, Barusjahe Karo
12Views

Karo-Surakaro.com. Rabu 24/04/2024.   Para Babinsa TNI AD melaksnakan bersilaturahmi dengan warga wilayah binaan dalam rangka kegiatan Komsos (Komunikasi sosial) untuk mneyuksekan program Binter TNI, saat ini kegiatan tersebut dibarengi imbauan juga pendampingan pertanian untuk mensuskseskan program ketahanan pangan, dan yang dilakukan  tidak hanya terpusat pada Padi, Jagung maupun sejenis Palawija lainnya namun saat ini ditambah dalam peningkatan hasil tanaman Sayur Mayur maupun penyedia jasa pembibitan tanaman juga tanaman buah-buahan tentunya kualitas unggul dana tahan hama.

Serda Yayat Sudrajat bertugas sebagai Bintara Pembian Desa (Babinsa) di Koramil 01/Barusjahe jajaran Kodim 0205/Tanah Karo hari ini  (24/04) melaksanakan kegiatan bersilaturahmi dengan warga wilayah binaan dalam rangka Komsos yang dibarengi pendampingan pertanian  yaitu mendampingi dan membantu penyiangan,  penyiraman, pemupukan serta menyortir dan mengangkat bibit unggul tanaman muda atau sayuran untuk budidaya sehingga tumbuh subur dan tahan hama bahkan ada yang sanggup hidup di cuaca extreme, Yayat pun menjadikan lokasi ini sebagai tempat bersilaturahmi dalam rnagka Komsos.

Pelaksanakan kegiatan Komsos dan Pendampingan petranian yang dilaksanakan oleh Sserda Yayat Sudrajat berlokasi di Pembibitan Tamaman Muda UD. SPJ SADA PENGEJAPEN JAYA SITEPU milik Ibu Yolanda  Dusun-II Desa Sukajulu Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo-Sumaterab Utara, sedang jenis bibit tanaman sayuran yang dirawat adalah tanaman segala bibit tomat seperti bibit sawi, kol/kubis,  cabe seperti cabe merah, cabe merah sayur, cabe rawit dan broccoli.

Kegiatan Komsos silaturahmi sambil Upsus Pendampingan Ketapang Nasional yang dilaksanbakan Serda yayat Sudrajat ini sesuai perintah dari Danramil 01/Barusjahe Kapten Inf Jonson E. Sembiring yaitu agar para Babinsanya sambil melaksanakan kegiatan tersebut juga sambil melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian yaitu membantu petani sambil silaturahmi juga belajar dan bertukan ilmu tentang cara perawatan bibit sayur dan pemasarannya ataupun menjaga dari serangan hama.

Keterangan dari Serda yayat Sudrajat mengatakan bahwa hasil kegian tersebut didapatkan informasi bahwa pemesanan bibit unggul tanaman sayur meningkat sehubungan sudah mau masuk ke musim penghujan dimana para petan sudah mulai kembali ke ladang untuk bercocok tanam, juga keteragan dari warga saat inipun pupuk dan obat-obatan pertanian mudah didapat berkat adanya pengecekan harga dan stok pupuk oleh para Babinsa, juga  pekembangan harga hasil pertanian mmasyarakat mulai stabil bahkan ada harga gabah padi dan jagung mulai naik termasuk beberapa jenis sayuran harga tinggi seperti tomat, wortel dan kol, buah-buahanpun seperti jeruk, marquisa, terong belanda juga harganya sudah mulai bagus, kemudian harapan para Danramil dan para Babinsa Koramil 01/Basrujahe kepannya para petani sukses dalam panen agar perekonomian meningkat bahkan bisa berswasembada pangan. (Bayu.W GATUBIMA_PENDIM 0205/TK)

Tinggalkan Balasan