Bencana AlamKomunikasi SosialTNIWarta

BABINSA KORAMIL 04/SIMPANG EMPAT TETAP ZONA MERAH SINABUNG 

BABINSA KORAMIL 04/SIMPANG EMPAT TETAP ZONA MERAH SINABUNG 

174Views

Karo-Surakaro.com. Rabu 30/09/2020.  Babinsa Koramil 04/Simpang Empat Kodim 0205/Tanah Karo Serda iwan Indarwan, selain melaksanakan himbauan protkol kesehatan pencegahan Covid-19 yang masih mewabah,  juga tetap untuk melaksanakan patrol, himbauan dan larangan beraktivitas di  Zona Merah Sinabung Desa Kuta Tonggal Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karu-Sumut,  agar warga maupun wisatawan tidak memasuki dan beraktivitas di Zona Merah Sinabung.

Sesuai dengan himbauan dari Pemda Kab. Karo Prov. Sumut, dari Pos PVMBG Simpang Empat, dari Satgas Sinabung maupun dari instansi yaitu direkomendasikan masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 KM untuk sektor selatan-timur, dan 4 KM untuk sektor timur-utara, kemudian jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik juga mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh, serta masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Penjelasan dari Serda Iwan Indrawan meskipun  status gunung sinabung belum aman dan  sudah dibuat benner/spanduk, plang maupun tulisan lain tentang larangan masuk zona merah, tapi apabila tidak dilakukan patroli, himbauan  dan larangan masuk dan beraktivitas di zona merah gunung sinabung, itupun masih juga ada warga maupun wisatawan berusaha memaksakan diri masuk dan berkativitas ke zona merah, padahal sampai saat ini status Gunung Sinabung statusnya SIAGA (Level III) bahkan erupsinya sampai saat terus ada terjadi, karena itulah kami diperintahkan untuk tetap mengingatkan masyarakat tidak masuk apalagi melakukan aktivitas” Iwan menutup penjelasannya. (BW GATUBIMA)

Tinggalkan Balasan